Pelaksanaan Pameran Indonesia International Education Fair 2018

admin_sisfo
By admin_sisfo Maret 10, 2018 10:46

Publikasi Pameran Sistem Informasi



DESKRIPSIKETERANGAN
PENDAHULUANDalam rangka memperingati dirgahayu keenam Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Universitas Hasanuddin diundang untuk berpartisipasi sebagai ekshibitor dalam acara pameran Indonesia Internasional Education Fair 2018 yang diselenggarakan pada 2 (dua) tempat yakni di Balai Sudirman Jakarta dan di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Namun yang sempat diikuti oleh Universitas Hasanuddin adalah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Unhas sebagai bagian dari perguruan tinggi ternama di Indonesia khususnya di Kawasan Timur, Unhas menjadi salah satu pilar penggerak dari terciptanya lulusan berkualitas dan menjadi produsen inovasi riset nasional. Untuk menjadi bagian dari komunitas global perguruan tinggi tersebut. Universitas Hasanuddin diharapkan secara aktif dapat berperan dan mengikuti berbagai event yang diselenggarakan baik berskala nasional maupun internasional.

Pameran tersebut terselenggara atas dukungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti), Pusbindiklatren BAPPENAS, Kementerian Agama (Direktorat Jenderan Pendidikan Islam), Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) se dunia penerima beasiswa LPDP, Partnership and International Affairs Indonesia Global Education Network (IGEN), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tempat pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh LPDP Education Fair tahun 2018 merupakan event internasional telah diikuti oleh beberapa perwakilan dari luar negeri dan didominasi dari perguruan tinggi luar negeri diantaranya; Prancis, Italia, Swedia, Inggris, Finlandia, Jerman, Belanda, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Japan, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, India, Taiwan, Tiongkok, Turki, Australia, Selandia Baru dan beberapa utusan dari Kedutaan Besar. Sedangkan peserta dari Indonesia hanya diikuti oleh empat perguruan tinggi yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Hasanuddin.

Unhas sebagai institusi pengembangan pendidikan tinggi yang memiliki kekayaan sumber daya juga berusaha memamerkan beberapa hasil-hasil riset dan inovasi dalam bentuk laporan jurnal ilmiah yang dipercaya akan mampu berdiri secara mandiri yang akan menghadapi persaingan secara global.

Seperti lazimnya dalam hal pengembangan dan pertumbuhan sebuah perguruan tinggi dibutuhkan terobosan dan inovasi diberbagai sektor dari elemen civitas akademika dan masyarakat luas dalam rangka menumbuhkembangkan potensi- potensi yang dimiliki, baik pemanfaatan sumber daya manusia, kekayaan ilmu, teknologi dan penajaman kultur budaya yang kuat sehingga akan mampu mandiri dan berdaya saing tinggi baik secara nasional maupun internasional.

Untuk mengapresiasi hal tersebut Unhas sejatinya semakin menunjukkan eksistensi dalam mendeskripsikan terobosan dan inovasi yang dimiliki sebagai pendukung dan pendorong peningkatan sumber daya yang berkualitas dan mandiri.

Salah satu langkah konkrit dari program tersebut, adalah turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran Indonesia International Education Fair 2018 yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan telah terselenggara pada tanggal 9 Maret 2018 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jalan Ring Road Barat, Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan ini diharapkan memberi manfaat yang sangat besar bagi perkembangan dan citra Unhas menuju Word Class University baik dalam skala nasional maupun internasional dan sebagai upaya untuk lebih mengenalkan eksistensi Unhas di level tersebut sekaligus kepada masyarakat global dan calon mahasiswa peserta PPDS, PPDGS, S2 dan S3 yang akan diberikan beasiswa serta mitra yang selanjutnya diharapkan akan terjalin berbagai kerjasama yang konstruktif.

Dengan banyaknya peminat LPDP dari tahun ke tahun, tentunya hal tersebut juga akan meningkatkan persaingan dalam memperebutkan jumlah kapasitas penerima beasiswa yang ditentukan oleh pemerintah.
JADWAL9 Maret 2018
LOKASISportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Ring Road Barat, Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
TEMACentre of Excellence 2018
TUJUANTujuan dari kegiatan pameran Indonesia International Education Fair 2018, adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan eksistensi Universitas Hasanuddin secara global melalui pameran yang diikuti.
2. Memperkenalkan Sekolah Pascasarjana Unhas yang mengelola Program Studi S2 dan S3 Multidisiplin.
3. Memperkenalkan Fakultas yang mengelola Program Studi S2 dan S3 Monodisiplin.
4. Memperkenalkan Fakultas yang menyelenggarakan Program PPDS, PPDGS dan program profesi lainnya.
5. Meningkatkan jumlah mahasiswa yang menerima Beasiswa dari LPDP.
6. Sebagai upaya nyata mempromosikan potensi, peluang investasi dan kerjasama antar perguruan tinggi dan instansi.
TAHAPKegiatan tersebut dilaksanakan melalui :
1. Inspirational Talkshow dipresentasikan oleh Kepala Humas Unhas tentang eksistensi Unhas sebagai pengembangan pendidikan tinggi serta kekayaan sumber daya lainnya;
2. Pameran dengan menyajikan informasi dan promosi dari setiap institusi, yang masing-masing dapat secara langsung merangkul hal-hal potensional yang hadir dalam kegiatan ini;
3. Pameran dengan menyajikan Digital Promotion, dimana setiap peserta mempunyai hak dan peluang yang sama untuk mempromosikan kampus masing-masing melalui instrumen khusus baik secara offline maupun online;
4. Memuat informasi berupa buklet, liflet, brosur dan CD profil/informasi tentang Universitas Hasanuddin;
5. Jurnal Ilmiah dari berbagai disiplin ilmu Nasional dan Internasional;
6. Pengenalan hasil riset unggulan Universitas Hasanuddin dari berbagai bidang dan fungsi;
DOKUMENTASI
admin_sisfo
By admin_sisfo Maret 10, 2018 10:46

INFORMASI PENTING

Untuk pemuktahiran data PDPT, diharapkan bagi Dosen/Tenaga Pendidik yang telah menyelesaikan pendidikan S3, agar menyetor Ijazah dan penyetaraan dari Dikti (bagi lulusan Luar Negeri) Ke Bagian Kepegawaian, Lt. 5 Rektorat Unhas. Terima kasih.

PETA JABATAN

Materi Ujian Dinas 2018